Selamat ! Anda resmi menjadi mahasiswa !

Halo ! Setelah berkutat dengan pekerjaan dan tugas kuliah, akhirnya punya waktu longgar untuk menulis lagi 😀

Tulisan kali ini saya mau berbagi cerita tentang perjuangan saya untuk menjadi seorang mahasiswa ‘lagi’. Well, here we go!

Tepatnya tanggal 13 November 2016, saya mengikuti ujian SIMAK Universitas Indonesia untuk program studi Magister Teknologi Informasi. Ujian ini diselenggarakan di Kampus UI Depok. Sehari menjelang ujian, saya memilih menginap di sekitaran Depok untuk menjaga stamina tubuh di hari ujian dan berjaga-jaga siapa tahu saya kebablasan tidur (haha).

SIMAK UI terbagi menjadi dua tahap, yaitu TPA dan Bahas Inggris, dan berlangsung selama 1 hari saja (lebih tepatnya hanya setengah hari, jam 7 – 12 siang). Secara keseluruhan, menurut saya soal ujian yang diberikan cukup susah, saya ingat dulu ada beberapa nomor yang diisi belakangan karena menuntut konsentrasi penuh. Tapi UM UI untuk tahap TPA dibagi menjadi beberapa sesi, tiap sesi diberikan waktu sekitaran 20 menit dan kita tidak boleh mengerjakan kembali soal di sesi yang sebelumnya. Kebayang ‘kan bagaimana perasaan deg-degan mengikuti ujian ini. Sedangkan untuk tahap Bahasa Inggris tidak dibagi ke beberapa sesi dan soal yang diberikan cukup sulit juga kalau kita belum terbiasa dengan bacaan bahasa Inggris. Pengalaman saya, saya mengutamakan mengerjakan soal bagian Reading karena ceritanya cukup panjang dan banyak soalnya. Untungnya, tidak ada pengurangan poin untuk soal yang salah di tahap Bahasa Inggris.

Well, setelah perjuangan panjang itu, saya merasa pasrah dengan hasil yang akan diumumkan, setidaknya saya sudah pernah mengikuti dan mengetahui bentuk soal SIMAK UI.

Tepat tanggal 19 Desember 2016 jam 15:00 keluar sebuah pengumuman yang dinanti-nanti. Awalnya saya mau melihat pengumuman setelah jam kerja, jadi kalau gagal, bisa langsung ke mall untuk merayakan kegagalan (haha). Tapi berhubung ditanya orang tua, saya pun mengecek pengumuman ke halaman situs SIMAK UI.

And, taraa.. Saya dinyatakan LULUS ujian, isi pengumumannya seperti gambar di bawah.

Screenshot_1.png

Senang banget waktu itu, apalagi pas jam kerja saat itu, jadinya tambah semangat untuk kerja haha. Tiada usaha yang mengkhianati hasil. Dulu, persiapan saya memakan waktu 3 bulan untuk mengikuti SIMAK UI. Di tengah-tengah pekerjaan, saya sisihkan waktu untuk belajar soal TPA dan bahasa Inggris.

Saya belajar soal TPA dari link ini : http://www.indiabix.com/aptitude/questions-and-answers/

Juga, saya unduh dari blog-blog lain yang membagikan soal TPA SIMAK UI di tahun sebelumnya.

Sekian cerita saya. Good luck for you, all the dream warriors !

Advertisements
Tagged with: ,
Posted in Story

Pergi Untuk Kembali !

Hola !

Sekian lama vakum dari dunia ‘blog’, akhirnya memutuskan kembali menulis di blog site ini. Well, seperti umumnya orang-orang lain, pasti butuh tempat untuk berkarya atau sekadar menyalurkan hobi di akhir pekan. Daripada buang waktu untuk makan, tidur, and repeat 😀

Kenapa saya kembali mengisi blog ini?

Jawabannya sederhana. Saya dulu bercita-cita ingin menjadi penulis bebas. Sepertinya menyenangkan menjadi penulis bebas, siapa tahu kelak bisa mengikuti jejak salah satu penulis idola saya yaitu bang Raditya Dika. Biasa mimpi anak ingusan di siang bolong haha.

Semakin bertambah umur, kesibukan bertambah juga. Dulunya bisa menikmati tidur siang dan bercengkrama dengan keluarga. Namun sekarang harus menjalani hubungan jarak jauh dengan keluarga *hiks* . Selama 6 tahun merantau ( ya secara resmi bulan ini genap 6 tahun saya merantau ke luar pulau kelahiran haha ) banyak pengalaman hidup. Suka dan duka silih berganti mengisi kehidupan saya.

Pastinya itu pelajaran berharga banget buat saya yang masih usia belia ini (haha mendadak lupa umur). Well hopefully i can write many articles in my blog site. Baik itu pengalaman pribadi maupun ilmu yang saya peroleh.

Let’s start it ! Yeah ! Selamat datang dalam kehidupan saya yang penuh kejutan dan pastinya random haha !

 

SDG

Posted in Uncategorized

Get a Connection To Database MySQL Dynamically By C#

This article will explain how to connect database mysql with asking application user like server source, database name, database user and password. I will using C# language programming and Microsoft Visual Studio 2010 software in this topic. Here are the steps:

For example:

Steps 1: In this topic, there are two forms. In form 1, there are some labels (Server Source for the ip address of database source, User for the user of database which will use, Password for the user database if there is, and Database for name of database which will be used) and two buttons (Connect for notify user that application has connected to the server and database, and Next for showing form 2). In form2, there is one datagridview which will display all data on one of database table .You can see the below pictures.

Form 1

Picture 1. Form 1

Form 2

Picture 2. Form 2

Steps 2: Then, add references on project : “System.Configuration”, “MySQL.Data”,and “MySQL.Data.Entity”. You can see the below pictures for the references.

References

Picture 3. References

Steps 3: Add application configuration file by right click on project name then choose Add -> New Item.

Aplication Configuration File

Picture 4. App.config

Steps 4 : Type this code for button1 (button “Connect”) click method.

private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
{
try
{
//make connection string from the inputs or textbox
StringBuilder a = new StringBuilder(“Server=”);
a.Append(textBox2.Text);
a.Append(“;Database=”);
a.Append(textBox5.Text);
a.Append(“;Uid=”);
a.Append(textBox3.Text);
a.Append(“;Password=”);
a.Append(textBox4.Text);
a.Append(“;”);
string strCon = a.ToString();
updateConfigFile(strCon);
//create mysql connection
MySqlConnection konek = new MySqlConnection();
//for refreshing connection string whenever it will use the previous connection string
ConfigurationManager.RefreshSection(“connectionStrings”);
konek.ConnectionString = ConfigurationManager.ConnectionStrings[“con”].ToString();
MessageBox.Show(“You get it”);
}
catch (Exception ex)
{
//if there is an error
MessageBox.Show(ConfigurationManager.ConnectionStrings[“con”].ToString() + ” .This is invalid connection”,”INCORRECT SERVER/DATABASE”);
}
}

Steps 5 : Type configuration code on App.config which made before.

<!–?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″ ?>–>
<configuration>
<connectionStrings>
<add name =”con” providerName=”MySql.Data.MySqlClient” connectionString=””/>
</connectionStrings>
</configuration>

Steps 6 : Type this code for button2 (button “Next”) click method.

private void button2_Click(object sender, EventArgs e)
{
Form2 abc = new Form2();
abc.Show();
}

Steps 7 : Add “using System.Xml;”, “using System.Configuration;”, “using System.Data.OleDb;”, “using MySql.Data.MySqlClient” on form 1 and form 2, and type this code for update configuration file.

public void updateConfigFile(string con)
{
XmlDocument xmlDoc = new XmlDocument();
xmlDoc.Load(AppDomain.CurrentDomain.SetupInformation.ConfigurationFile);

foreach(XmlElement xElement in xmlDoc.DocumentElement)
{
if (xElement.Name == “connectionStrings”)
{
xElement.FirstChild.Attributes[2].Value = con;

}
}
xmlDoc.Save(AppDomain.CurrentDomain.SetupInformation.ConfigurationFile);
}

Steps 8 : Type this code for method Form2_Load.

private void Form2_Load(object sender, EventArgs e)
{
MySqlConnection konek = new MySqlConnection();
ConfigurationManager.RefreshSection(“connectionStrings”);
konek.ConnectionString = ConfigurationManager.ConnectionStrings[“con”].ToString();
MySqlDataAdapter da = new MySqlDataAdapter(“SELECT * FROM dftr_brg;”, konek);
DataTable dt = new DataTable();
da.Fill(dt);
dataGridView1.DataSource = dt;
}

In this article, the database source is localhost. Here are the pictures while the application is running.

Application

Picture 5. Connect

blog2

Picture 6. Next

That’s all the review for getting a connection on runtime application with C# and MySQL.

Source: http://www.c-sharpcorner.com/UploadFile/1a81c5/configuring-connection-string-in-app-config-file-during-runt/

Posted in Kuliah

Don’t count dow…

Don’t count down days, it looks like you’re a hopeless person

Posted in Uncategorized

M.I.M.P.I.

Kata – kata itu yang  selalu memotivasi dan membangkitkan hidupku.. Ya,semua berawal dari mimpi-mimpi gilaku yang sebagian sudah terwujud. Aku akan memulai semua kisah yang terjadi dalam hidupku yang berawal dari 1 kata sederhana itu. . .

Aku merupakan si sulung dari sebuah keluarga Katolik. Mimpi kecilku yaitu memiliki seorang kakak. Aku ingin berbagi,menerima dan merasakan bersama dengan sosok itu. Dulu aku iri dengan teman – teman SD yang pamer dengan kehadiran kakaknya. “Kakakku yang mengajariku matematika,blabla…” , “Kemarin kakakku memberikan aku sebuah mainan,coklat, es krim,blabla..” , “Nanti kakakku mau jemput aku ke tempat les loh..” , “Aku dan kakakku belanja di mall X…” dan lainnya. Ya, kalimat – kalimat itu yang membuatku iri dengan mereka. Hanya karena kalimat itu, seorang Dameria bisa goyah dan rapuh. Oh God! What was the hell with me?? Dan aku hanya bisa membayangkan saja bagaimana rasanya memiliki seorang makhluk yang bernama kakak.. Ya,aku jadi terbiasa menjadi seorang pengkhayal atau pemimpi. Namun, Tuhan menjawab mimpi itu (hahaha.. ). Akhirnya punya seorang kakak yang awalnya hanya teman SMA biasa, D.

Saat SMP tepatnya kelas 8, aku mengkhayalkan bagaimana rasanya menjadi seorang anak kuliahan. What? Seorang anak ingusan berumur 11 tahun ingin mencoba nikmatnya menjadi anak kuliahan yang bisa berpakaian bebas, jadwal kuliahnya sedikit,  dan terkesan dewasa. Pasti orang mengira aku itu bocah ingusan gila yang ga sabaran dan had a little weird. Ya begitulah aku.. Mimpi yang ku bayangkan tiap harinya itu membuatku menjadi remaja tua haha.. Dulu aku ingin kuliah di Universitas Diponegoro a.k.a UNDIP. Itu berawal karena aku merasa excited dengan teman ayahku, Oom Yohannes Suhardin, yang di masa itu lagi belajar di S3 hukum Undip. Selama kuliahnya, dia sudah mengunjungi 3 benua bung.. Dashyat sekali, pendidikan mengantarkan seseorang menjelajah dunia. Aku pun bermimpi untuk mengikuti jejaknya kuliah di Undip. Dan Tuhan sangat baik kepadaku, mimpiku terwujud di tanggal 17 Mei 2011. Aku lulus di Undip melalui sebuah jalur yang tak terduga (dirahasiakan haha, tidak perlu disombongkan soalnya wkwk :P).

Saat SMP juga aku ingin merantau, aku pun bermimpi bagaimana situasinya bila aku jauh dari keluarga terutama dari perhatian sang ayah. Dan beruntungnya sejak kecil saya dulu sering dititipkan ke nenek, namun setelah nenek meninggal, saya sering ‘dititipkan’ dengan seorang babysitter sekalian pembantu hingga menginjak bangku akhir SMP. Memang terlihat seperti lama – lama aku terbiasa bila jauh dari orang tua. Itulah yang membuat seorang Dame yang berumur 13 tahun dengan berani mengatakan hal ini ke ayah tercinta “Pak, aku ingin merantau ke Jawa. Aku mau sekolah di luar Medan aja, biar bisa kuliah di Undip”. Refleks ayahku terkejut, setelah beberapa hari kemudian beliau pun angkat bicara “Baiklah anakku. Aku senang mendengar perkataanmu itu dan aku menyetujuinya. Saya rekomendasiin kamu melanjutkan ke SMA Santa Stella Duce, Yogyakarta. Disana sekolahnya berasrama dan bisa menuntunmu untuk kuliah ke Undip.” . Wooww,, sangat gila bung. Seorang Dame kecil diizinkan merantau. Namun, aku gagal bersekolah disana. Mungkin ini jalanNya, mungkin karena aku terlalu dini untuk dilepaskan ke masyarakat luas. Masa’ seorang anak rumahan yang belum kenal kejahatan luar dilepas begitu saja. Tuhan masih sayang samaku ternyata hahaaa.. I was saved 😀

Tapi mimpi untuk merantau itupun terwujud juga akhirnya. Ya walaupun di tahun pertama agak merasakan kerikil – kerikil yang membuatku ingin menyerah. Tapi sekali lagi, Tuhan selalu punya jalan untuk membuatku tetap bertahan. God, You’re so cool 😀

Selama SD aku bukan orang yang pintar, jadi tidak ada prestasi yang bisa dipamerkan ke orangtua makanya di zaman itu sangat sengsara karena gak pernah ada kenaikan uang jajan hahaa. Kata orangtua sih gini “Kalau mau dapat fasilitas yang ‘wah’, usaha dong, jangan hanya minta aja, tapi kami ga dapat feedbacknya..” Ya begitulah orangtua, dan pastinya semua orangtua gitu jugalah. Aku pun bermimpi bagaimana seorang Dame bisa mendapat peringkat 5 besar di kelas. Terkadang, jadi tertawa sendiri ketika membayangkan dulu betapa bodohnya saya di bangku 1 SMP hahaa.. Tapi sekali lagi Tuhan baik hehehe,, di kelas 2 SMP aku meraih peringkat 2 dan di kelas 3 SMP aku meraih peringkat 3. Tetep senang walaupun ada pasang surutnya di masa itu. Di masa itu, karena aku berprestasi, fasilitas mewah pun tercicipin hahaa. Dulu di zaman itu, lagi tren – trennya tas merk Bilabong, Roxy dan lain – lain. Orangtua beliin tas itu dulu, tas Bilabong warna pink. Untuk pertama kalinya aku jadi seorang pencinta warna pink.. Kemudian uang jajan pun bertambah, akhirnya.. Tuhan sungguh baik.

Mimpi untuk memiliki prestasi pun berlanjut hingga SMA, dan aku tidak menyangka prestasi 5 besar bisa ku nikmati di masa SMA. Haleluya! Tuhan sunggu baik. Fasilitas dari orangtua pun mengalir. Aku diberikan sebuah motor di September 2010. Sungguh aku tidak menyangka orangtua akan memberikan kepercayaan yang begitu besar. Ternyata memang benar kalau kepercayaan itu mahal harganya. Dengan motor itu, aku bisa menambah wawasanku. Dulu aku jadi semangat ikut bimbel dan try out kemana-mana. Tapi karena ada si kakak yang nemanin juga sih makanya jadi agak tambah semangat haaahaa. Motor itulah kaki yang mengantarkanku ke sumber pengetahuan , banyak tempat yang ku jelajahi bersamanya dan pastinya selalu ada ilmu yang ku peroleh setelah bersamanya. Kisah suka duka tersirat di motor itu. Dan saat ini, aku tidak bersamanya. Terima kasih sudah menemani sebagian hidupku yang kosong ini hahahaa.

Saat SMP juga aku bermimpi berbicara di depan umum a.k.a pidato. Ini terinspirasi dari teman SMP, B. Tapi apa daya, aku sadar kelemahanku yaitu paling susah berkomunikasi di masyarakat. Buat bilang A ke ayah aja butuh nyali segede mungkin. Aneh ya, bicara ke ayah kandung aja butuh kekuatan, konon lagi mau bicara ke orang asing, kayaknya butuh kekuatan gaib yaitu telepati ( hadehhh…). So stupid I was. Tapi Tuhan berkarya lagi dalam hidupku, mimpiku terwujud berkat si kakak yang kurang kerjaan mendaftarkan aku ke sebuah lomba pidato bahasa Inggris tingkat kotamadya. What was the hell? Aku berasa mau loncat ke kanal 13 saking paniknya. Rasanya pengen teriak “Tuhan, kok dia (kakak D) ga kenal kelemahanku sih? Kok jahat kali dia samaku, berasa dibunuh sama kakak.” Tapi ayahku menguatkan hatiku dan mengatakan begini “Ngapain kamu takut? Bukan kamu yang daftar kok, kecuali kalau kamu yang daftar sendiri dan punya hasrat tinggi untuk menang kontes barulah kamu takut. Wong lawan kamu itu semua SMA sekotamadya Medan. Malah seharusnya kamu buktikan ke D kalau kamu bisa, lagian biar ada pengalaman bicara depan orang banyak. Jangan beraninya ngomong di kandang aja…” What? Ini jelas – jelas pembunuhan berantai. Itulah pemikiranku. Aku pun menjalaninya dan barulah tersadar kalau mimpiku itu sudah terwujud hahaa.. Thank you, kakak :*

Image

i’m a dreamer

Karena mimpi itulah hingga saat ini aku selalu menanggapinya dengan penuh riang gembira (bahaahaha..). Selama ini, mimpi – mimpi gila itu aku bayangkan tiap hari dan menunggu keajaiban datang menghampiriku. Dan sampai saat ini pun masih ada mimpi – mimpi gila yang sedang ku bayangkan dan berusaha untuk mewujudkannya.. Tapi, as usual, Tuhan mau melihat dulu batas kesabaran dan usahaku , ya istilahnya biar impaslah kata Tuhan hahaha,, mimpi + usaha + doa = kenyataan. . .

            ***TO BE CONTINUED***

Posted in Uncategorized

Paket Tour Pare “Kampung Inggris”

Masih Binggung liburan Semester mau kemana?
Mau Wisata sambil memperdalam Bahasa Inggris?

Yuk Ikut Program FUN HOLIDAY 2 minggu Extra Intensive English di Kampung Inggris Pare Kediri dari DuaNam Tour
Harga PROMO HANYA 699rb + GRATISS WISATA BROMO + BATU MALANG

Kalian akan dapat :
1. Camp 24 Hours English Area
2. Intensif Grammer+Toefl
3. Speaking

4. Vocabulary
5. Sertifikat
6. Modul Belajar
7. Bus Eksekutif Pulang Pergi
8. Makan dan snack 4x
9. Marchandise
9. Outbond

TERBATAS HANYA 30 Orang
Tanggal 2 Januari 2013 harga naik jadi 999rb
Berangkat tanggal 20 Januari 2013
Pendaftaran : 087731105807

info Follow Twitter @DuanamTour atau http://www.facebook.com/duanam.tour

Posted in Uncategorized

Me and My Big Dream

aku punya segudang mimpi layaknya anak biasa lainnya . Namun , mimpi ku ini seakan tidak mungkin bagi orang lain.
berikut adalah mimpi -mimpi yang ingin ku wujudkan dalam hidupku :

  1. aku ingin kelak membangun sebuah sekolah di desa terpencil
    aku mau semua anak di bangsaku , Indonesia, tidak tertinggal jauh dalam hal pendidikan dengan negara lain . aku ingin kelak semua anak Indonesia berkarya di berbagai bidang di mancanegara agar dapat membuktikan kepada dunia luar bahwa Indonesia juga memiliki segudang bocah-bocah brilian .
  2. aku ingin kuliah di luar negeri ( tepatnya Boston University )
    aku mau berkarya bagi bangsa ku di mancanegara , aku sangat senang bila aku mampu mengharumkan nama bangsaku dengan prestasiku . aku ingin kelak semua orang di pelosok dunia manapun mengenal negara tercintaku , Indonesia !
  3. aku ingin memberangkatkan kedua orang tuaku beserta adik-adikku ke tanah suci,Yerusalem dan Roma
    aku ingin mereka tidak hanya sekedar mendengar cerita mengenai keindahan negara tersebut , namun aku ingin mereka menginjakkan kakinya di negara tersebut dan merasakan hawa udara di negara itu .

itu semua bukan hanya sekedar khayalan namun sebuah target seorang anak perempuan yang hanya ingin membanggakan keluarga dan bangsanya !!

aku yakin jika kita menyerahkan seluruh keinginan kita dan terus – menerus mendoakannya kepada Sang Khalik pasti akan berjalan sesuai yang diharapkan. namun semua orang pasti tahu mengenai hal ini.

namun yang ku tekankan disini ,berkomitmenlah atas targetmu, laksanakan langkah-langkah untuk mencapainya dan bersikap rendah hatilah kepada dunia agar mereka juga turut serta membantu atau meringankan bebanmu untuk mewujudkan keinginanmu !

Posted in Uncategorized
Recent Posts
Categories